vaindo

pojok digital marketing
Tahap Mengajari Anak Menulis dengan Cara Menyenangkan

Tahap Mengajari Anak Menulis dengan Cara Menyenangkan

Vaindo – Memang benar sekali jika sebagai orangtua pada saat mengajari anaknya belajar menulis akan membutuhkan kesabaran yang ekstra dan cara tepat, sehingga anaknya jadi suka. Pada saat mengajari anak tulis hendaknya memaklumi jika anak masih belum bisa berpikir seperti orang dewasa, anak masih senang bermain-main.

Bagi anak yang tak ingin belajar, khsuusnya yang tak tertarik dengan kegiatan satu ini, maka harus dicarikan solusi dengan cara menerapkan metode yang paling tepat agar anak tertarik dan juga berubah jadi gemar menulis. Cara mengajari anak menulis ini sebaiknya diperkenalkan sejak anak usia 3 tahun.

Namun sebelum Anda memperkenalkan dengan kegiatan menulis, ada baiknya anak mengembangkan dan juga mengoptimalkan kemampuan motoriknya. Berbeda dengan kemampuan verbal: contoh teks eksplanasi, kegiatan menulis ini ada kaitannya dengan kemampuan motorik halus pada anak. Salah satu indicator motorik halus tersebut adalah kemampuan anak untuk memegang alat tulis yang benar.

Selain itu, pada proses mengajari anak untuk menulis, juga dibutuhkan tahapan sesuai usia dan juga kemampuan sih kecil serta harus dilakukan secara berkesinambungan. Dalam proses mengajari anak untuk menulis, juga tak boleh ada unsur paksaan, sebab pemaksaan ini akan sebabkan anak jadi takut sehingga tak mau belajar menulis.

Baca Artikel menarik lainnya : Cara Ganti Tema Whatsapp

Cara mengajari anak menulis dengan cara menyenangkan

Menulis secara bayangan

Ini merupakan langkah awal anak kenal pelajaran menulis, pelatihan pertama tersebut biasanya dinamakan menulsi bayangan. Latih anak Anda dengan membuat garis vertical atau pun horizontal. Arahkan saja pensil yang anak Anda pegang dengan cara membuat garis secara bayangan, yakni garis ke atas atau ke samping. Lakukan proses belajar satu ini hingga anak lancar serta hasilnya tampak lurus.

Belajar coret-coret

Sediakan saja kertas kosong, bisa kertas HVS, buku gambar, atau pun buku tulis. Biarkan saja anak Anda berkreasi dengan pensilnya tersebut. Dan biarkan dia berimajinasi dan juga menuangkan semua imajinasinya pada kertas tersebut. Jika proses yang satu ini rutin dilakukan, maka anak Anda nantinya juga akan menceritakan imajinasi apa yang telah dia gambar.

Anda sebagai orangtua juga harus memberi apresiasi yang positif terhadap apa yang telah dihasilkan anak Anda, tujuan dari mencoret-coret ini adalah agar anak Anda bisa lebih terampil di dalam menggunakan pensil sehingga bisa latih koordinasi antara otak dengan tangan anak Anda.

Menebalkan garis

Sebelum akhirnya masuk pada tahapan menulis huruf, ada baiknya awali pelajaran anak dengan cara menebalkan garis, baik secara vertical atau horizontal. Biarkan saja anak Anda menebalkan atau pun menyambungkan garis tersebut.

Demikianlah tahap mengajari anak menulis dengan cara menyenangkan yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga bermanfaat. Temukan aneka tips menarik lainnya seputar dunia pendidikan dan pembelajaran di : https://www.dosenpendidikan.com/