vaindo

pojok digital marketing

3 Kesalahan Umum dalam Upaya Meningkatkan Trafik Blog

Apa yang menjadi idaman bagi seorang blogger yang ada di seluruh dunia? Tentu saja trafik yang tinggi. Namun agar dapat menuju ke sana tentunya harus mempelajari kaidah-kaidah bagaimana mengoptimasikan blog di mesin pencarian yang biasa disebut dengan Search Engine Optimization (SEO).

search engine optimization

Setiap blogger yang sudah lama terjun ke bidang ini tentu mempelajari SEO bukan dalam waktu yang singkat. Karena dalam bidang ini tidak ada yang pasti sehingga memikirkan bagaimana teknik yang akan dilakukan selanjutnya menjadi sesuatu yang dipikirkan setiap saatnya. Menjadikan blog semakin optimal dengan membuat konten yang menarik adalah pekerjaan yang cukup menguras energi untuk para blogger.

Hanya saja tidak sedikit blogger terutama pemula yang dalam menjalani teknik SEO ingin cepat dapat hasilnya, ingin trafik cepat tinggi dan cepat dapat banyak visitor. Hal ini justru malah mengabaikan proses dari SEO itu sendiri sehingga bisa berakibat fatal. Berikut ini kesalahan yang seharusnya bisa dihindari oleh blogger, mari disimak

  • Ingin Mendapat Backlink dengan Berbagai Cara

Di dunia SEO sudah banyak sumber yang mengatakan bahwa backlink merupakan salah satu hal penting dalam mengoptimasi sebuah blog atau website. Jika dilihat dari jenisnya, backlink terbagi menjadi dua yaitu onpage dan offpage. Jenis backlink onpage sangat mudah ditemukan di blog atau website karena biasanya dilakukan pada blog seorang blogger itu sendiri.

ingin melakukan berbagai cara

Jenis backlink yang kedua adalah offpage, dan jenis yang kedua ini menjadi sangat diperlukan untuk optimasi sehingga mampu menaikkan SERP dari luar blog yang kita miliki. Maka dengan kata lainnya bisa dikatakan bahwa yang menjadikan blog kita mendapat backlink agar SERP adalah dari backlink offpage.

Banyak cara dilakukan agar bisa mendapakan backlink offpage ini, juga termasuk menggunakan mesin otomatis untuk mendapatkan backlink yang sering dilakukan para blogger. Hal ini meskipun secara ranking bisa naik di mesin pencarian tapi bukan tidak mungkin Google bisa mendeteksinya. Dan jika sudah demikian bisa berakibat fatal karena cara yang dilakukan terlalu frontal.

  • Selalu Utamakan Kualitas

Hal apapun jika sudah berkualitas umumnya lebih baik, begitu juga dengan backlink. Jangan sampai mengejar kuantitas tapi dari segi kualitas tidak diperhatikan, sedangkan hal tersebut sebenarnya paling krusial.

utamakan selalu kualitas

Banyak pengamat SEO yang mengatakan bahwa backlink yang punya kualitas adalah backlink yang relevan dengan niche/topik blog kita. Sehingga akan lebih terlihat natural oleh mesin pencarian.

  • Terlalu Banyak Keyword yang Tidak Berkaitan

Banyak blogger yang tanpa sadar sebenarnya melakukan hal yang berlawanan dengan yang sebenarnya, seperti terlalu banyak menyisipkan keyword di dalam konten sehingga terkesan mengganggu dan tidak enak dibaca. Mereka beranggapan dengan banyak menyisipkan keyword maka kemungkinan juga besar.

Tapi perlu diingat bahwa hal itu justru bisa dianggap sebagai spam dan bahkan akhirnya tidak banyak berpengaruh pada optimasi keyword untuk blog kita di mesin pencari.