vaindo

pojok digital marketing
Lakukan Hal Berikut Ketika Anda Akan Memulai Campaign dengan Influencer

Lakukan Hal Berikut Ketika Anda Akan Memulai Campaign dengan Influencer

vaindo – Sebagai industri yang berkembang pesat, marketing melalui influencer telah membuktikan bahwa itu bukan lagi sekadar taktik pemasaran tambahan, tetapi sebuah strategi yang dapat menawarkan hadiah besar bagi merek yang berinvestasi.

Di bawah ini kami menguraikan langkah-langkah utama yang akan membantu kampanye Anda mencapai pengembalian terbaik untuk upaya dan investasi yang diberikan padanya.

  1. Tetapkan tujuan yang jelas

Untuk memastikan keberhasilan kampanye pemasaran influencer Anda, penting untuk mengidentifikasi target apa yang ingin Anda capai terlebih dahulu.

Bekerja menuju sasaran yang jelas akan membantu memaksimalkan ROI kampanye Anda sejak hari pertama. Ini mungkin termasuk menyebarkan kesadaran merek dan menjangkau audiens baru atau target penjualan dan keterlibatan yang lebih terukur.

  1. Tentukan metrik kampanye Anda

Setelah tujuan Anda untuk sukses telah diidentifikasi, metrik yang Anda gunakan untuk mengukur kesuksesan Anda adalah langkah berikutnya.

Jika Anda tidak dapat mengukur tujuan Anda, akan lebih sulit untuk menentukan dampak kampanye influencer Anda. Ada banyak metrik yang dapat digunakan, namun penting untuk tidak terbebani oleh angka yang tidak penting.

Jauh lebih efisien dan bermanfaat untuk fokus pada metrik inti yang penting bagi kampanye spesifik Anda. Misalnya, salah satu statistik paling berguna yang dilacak pemasar adalah keterlibatan. Bergantung pada tujuan Anda, metrik lain mungkin termasuk penjualan produk, klik dan konversi pendaftaran.

  1. Ketahui dengan siapa Anda bekerja

Setelah tujuan Anda ditentukan, lakukan riset ke mana influencer akan membantu Anda mencapai target Anda.

Lihatlah pengikut mereka dan sama pentingnya, lihat juga siapa saja influencer yang Anda inginkan. Lihatlah bagaimana mereka terlibat dengan audiens mereka, jenis konten yang mereka posting dan apa yang mencerminkan merek pribadi mereka.

  1. Pastikan influencer sesuai dengan merek Anda

Ini adalah poin kunci. Jika influencer tidak mencerminkan identitas yang sama atau sama dengan merek Anda, kampanye Anda akan berjuang untuk berhasil.

Ketidaksejajaran akan memengaruhi penargetan Anda, audiens yang ingin Anda ajak terlibat, dan apa yang diwakili oleh merek Anda. Singkatnya, tujuan Anda tidak akan tercapai.

Simak Juga : Panduan Membuat Rencana Pembuatan Konten Media Sosial

  1. Memiliki proses peninjauan khusus

Sangat penting untuk menerapkan ulasan konten dan proses persetujuan sebelum influencer Anda memposting di feed mereka.

Ini memastikan konsistensi penyelarasan konten dan pesan, dan akan menentukan ekspektasi kiriman dan kepatuhan kedua belah pihak terhadap tenggat waktu yang relevan.

Selain yang disebutkan di atas, secara konsisten meninjau konten pra-publikasi Anda juga akan memungkinkan pengoptimalan yang lebih besar. Anda akan memiliki pengawasan penuh atas apa yang berfungsi, apa yang tidak, dan dapat melakukan perbaikan untuk memperbaiki kampanye Anda di seluruh penjuru!

  1. Konten di luar kampanye media sosial Anda

Influencer adalah pembuat konten dan aset yang mereka berikan untuk kampanye Anda dapat diperluas lebih jauh dari platform media sosial yang digunakan.

Konten influencer hebat dapat digunakan kembali untuk upaya OOH Anda, situs web, jaminan sosial dan pemasaran berbayar. Peluang tidak terbatas dan hemat biaya.

  1. Pantau kampanye Anda saat sedang berjalan

Alasan utama untuk menentukan tujuan dan metrik Anda adalah untuk membantu Anda menjalankan kampanye pemasaran influencer yang sukses. Mempertahankan tujuan Anda saat kampanye Anda ditayangkan akan memungkinkan Anda untuk melihat dengan jelas bagaimana kinerja kampanye Anda dan apakah Anda perlu mengubah arah untuk mencapai hasil yang lebih baik dan mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya.

  1. Review dan evaluasi metrik kampanye Anda

Setelah kampanye Anda berakhir, penting untuk menganalisis hasil kampanye Anda – dan itu bukan hanya masalah melihat jumlahnya.

Sementara angka-angka itu penting, pastikan untuk memasukkan ulasan tentang pengalaman Anda bekerja dengan masing-masing influencer. Apakah satu hubungan melibatkan lebih banyak waktu dan usaha daripada yang lain? Apakah ada posting tambah-nilai yang tidak termasuk dalam kontrak awal? Sudahkah Anda menciptakan duta merek asli yang beresonansi dengan audiens target Anda?

Dengan memiliki tinjauan menyeluruh terhadap kampanye Anda, Anda akan dijamin untuk mencapai hasil yang lebih baik di masa mendatang.